Thursday, March 26, 2015

Type Boiler (K2512037)



Guntur Susilo
            Boiler merupakan suatu alat yang memiliki bentuk serupa dengan bejana tertutup dan memiliki fungsi untuk memanaskan air sampai berubah menjadi uap (steam). Terdapat bermacam-macam jenis boiler yang dapat diklarifikasikan berdasarkan tipe pipa, bahan bakar dan konstruksi yang digunakan.
Jenis boiler berdasarkan tipe pipa: 
1.      Fire tube boiler
Boiler jenis ini memiliki dua buah bagian didalamnya yaitu tube dan barrel/tong, tube digunakan sebagai tempat terjadinya pembakaran sedangkan barrel/tong digunakan sebagai tempat fluida yang akan diubah menjadi uap (steam). Proses kerja dari boiler ini adalah dengan cara menghantarkan langsung panas pembakaran yang terjadi didalam pipa kepada fluida yang bersinggungan langsung dengan pipa pembakaran hingga dihasilkan uap (steam).
2.      Water tube
Boiler ini memiliki dua bagian yang sama seperti pada fire tube boiler yaitu tube dan barrel/tong. Yang membedakan adalah tube disini diisi dengan fluida yang mengalir dan barrel/tong digunakan sebagai tempat terjadinya pembakaran. Prinsip kerjanya hamper sama dengan fire tube boiler.
Jenis boiler berdasarkan bahan bakar yang digunakan:
    1.    Solid fuel (Bahan bakar padat)
Pada boiler ini proses pembakaran menggunakan bahan bakar padat seperti kayu, batu bara, arang dan lain-lain, hingga dapat diartikan bahwa pemanasan berasal dari campuran bahan bakar padat dan oksigen.
     2.    Oil fuel (Bahan bakar minyak)
Pada boiler ini proses pembakaran menggunakan bahan bakar minyak seperti kerosin, solar, residu dan lain-lain, hingga dapat diartikan bahwa pemanasan berasal dari campuran bahan bakar cair dan oksigen.
     3.    Gaseous fuel (Bahan bakar gas)
Pada boiler ini proses pembakaran menggunakan bahan bakar gas seperti LPG dan gas alam, sehingga dapat diartikan bahwa pemanasan berasal dari campuran bahan bakar gas dan oksigen.
     4.    Electric
Boiler jenis ini menggunakan energi listrik sebagai sumber utama penghasil panas yang akan digunakan untuk menghasilkan uap (steam).
Jenis boiler berdasarkan kegunaannya:
     1.    Power boiler
Boiler jenis ini menggunakan water tube boiler untuk menghasilkan uap (steam) yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan sisa uap (steam) tersebut digunakan untuk menjalankan proses industri.
     2.    Industrial boiler
Boiler jenis ini menghasilkan uap (steam) dengan kapasitas yang besar dan tekanan sedang yang dimanfaatkan untuk menjalankan proses industri dan tambahan panas.
     3.    Commercial boiler
Boiler jenis ini menghasilkan uap (steam) dengan kapasitas yang besar dan tekanan rendah yang dimanfaatkan untuk menjalankan proses operasi dan tambahan panas.
     4.    Residential boiler
Boiler jenis ini menghasilkan uap (steam) dengan kapasitas dan tekanan rendah yang dimanfaatkan untuk perumahan.
      5.      Heat recovery boiler
Boiler jenis ini menghasilkan uap (steam) dari uap panas yang tidak terpakai dengan kapasitas dan tekanan besar yang dimanfaatkan untuk menjalankan proses industri dan tambahan panas.



No comments:

Post a Comment