Thursday, March 26, 2015

Dasar Boiler

DASAR BOILER
Oleh :
ABDUL ‘ALIM
K2512001

1.     Pengertian Boiler
Boiler adalah suatu benda yang bentuknya berupa suatu wadah atau bejana yang dengan ukuran yang telah di desain khusus untuk menghasilkan suatu uap air panas atau steam yang dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak. Di dalam boiler ini terdapat pipa – pipa yang berfungsi mengalirkan air ke dalam boiler. Selain itu, ada juga tipe boiler yang terdapat 2 pipa yang satu mengalirkan air yang satu mengalirkan panas yang di hasilkan dari proses pembakaran bahan bakar. Proses pembakaran bahan bakar dilakukan ditempat atau bagian tersendiri. Bahan bakarnya dapat berupa nuklir, bahan bakar fosil (batubara, minyak, gas) tergantung dari pembangkit listriknya bertenaga apa, apakah bertenaga nuklir, atau yang lainnya.
2.     Prinsip Kerja Boiler
Sebenarnya prinsip kerja dari boiler sangatlah sederhana yaitu seperti pada saat kita mendidihkan air pada guci. Menggunakan proses perpindahan panas. Secara lebih jelasnya dapat kita di lihat pada gambar di bawah ini :


Jadi air masuk ke dalam ruang boiler (berwarna biru muda) kemudian di dalamnya ada pipa – pipa yang di aliri panas berasal dari pembakaran bahan bakar, kemudian karena air terkena panas yang lebih membuat air menguap dan menghasilkan uap air panas. Karena uap air yang panas dan dingin mempunyai berat jenis yang berbeda, uap air panas lebih ringan dari pada uap air yang dingin membuat uap air yang panas akan naik dan keluar menuju pipa yang menyalurkan ke bagian selanjutnya untuk menggerakkan turbin. Begitu terus menerus untuk menghasilkan energi listrik dari putaran turbin yang diteruskan ke generator.
3.     KLASIFIKASI BOILER
Berbagai bentuk boiler telah berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan evaluasi dari produk-produk boiler sebelumnya yang dipengaruhi oleh gas buang boiler yang mempengaruhi lingkungan dan produk steam seperti apa yang akan dihasilkan. Berikut klasifikasi boiler yang telah dikembangkan :
A.    Berdasarkan tipe pipa :
a.       Fire Tube
b.       Water Tube
B.    Berdasarkan bahan bakar yang digunakan :
a.       Solid Fuel
b.       Oil Fuel
c.       Gaseous Fuel
d.       Electric
C.    Berdasarkan kegunaan boiler :
a.       Power Boiler
b.       Industrial Boiler
c.       Commercial Boiler
d.       Residential Boiler
D.   Berdasarkan konstruksi boiler :
a.       Package Boiler
b.       Site Erected Boiler



4.     SISTEM BOILER
Secara umum sistem boiler ada 3 macam yaitu sistem air umpan, steam, dan bahan bakar. Penjelasan lebih lanjut adalah di bawah ini :
A.   Sistem Air Umpan
Yang di maksud air umpan adalah air yang dimasukkan ke dalam boiler untuk dirubah menjadi uap air panas atau steam. Sedangkan sistem air umpan adalah sistem penyediaan air secara otomatis untuk boiler sesuai dengan kebutuhan steam. Untuk meningkatkan efisiensi boiler air umpan sebelum di suplai ke boiler dipanaskan terlebih dahulu menggunakan limbah panas dari chimney.
Ada dua sumber Air umpan, yaitu:
·       Kondensat : steam yang telah berubah fasa menjadi air (mengembun)
·       Air make up : air baku yang sudah diolah
B.    Sistem Steam
Sistem steam adalah proses pengontrolan produksi uap air panas atau steam dalam boiler, seperti: kapasitas, pressure, volume, dsb. Selanjutnya steam didistribusikan ke pengguna melalui jalur perpipaan.
C.    Sistem Bahan bakar
Sistem bahan bakar adalah semua equipment atau peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar boiler. Peralatan yang digunakan tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan boiler itu sendiri.





No comments:

Post a Comment