Thursday, March 26, 2015

Pengertian Dan Cara Kerja Heat Recovery Steam Generator (K2513058)

Rifai Agung Sya Pambudi

Pengertian Dan Cara Kerja Heat Recovery Steam Generator
Pengertian Heat Recovery Steam Generator
Heat Recovery Steam Generator ini dapat kita temukan dalam pembangkit listrik  yaitu terdapat Pusat Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU).  Sedangkan pengertian dari Heat Recovery Steam Generator adalah komponen utama dari Pusat Listrik Tenaga Gas-Uap yang sangat penting karena berfungsi untuk memanfaatkan gas bekas/buang turbin gas untuk memperoduksi uap air bertekanan.

Cara Kerja Heat Recovery Steam Generator
Dalam gas buang panas/kalor akan dipindahkan seluruhnya dengan cara konveksi ke air yang berada dalam pipa. Gas buang turbin mengalir memanasi komponen Heat Recovery Steam Generator mulai dari superheater, ekonomiser dan preahter dan selanjutnya keluar melalui cerobong.  Didalam gas buang/exhaust turbin Energi panas gas yang temperaturnya masih cukup dialirkan masuk kedalam HRSG untuk memanaskan air di dalam pipa-pipa pemanas, selanjutnya keluar ke cerobong. Air dari drum yang mengalir dan tertampung didalam pipa-pipa pemanas akan mendapat pemanasan dari gas panas tersebut, Hasil pemanasan akan mengakibatkan sebagian besar air akan berubah menjadi uap dan yang lain masih berbentuk air. Campuran air dan uap ini selanjutnya masuk kembali kedalam drum. Ketika uap dan air sudah terpisah, uap akan digunakan untuk menggerakkan turbin uap, sedangkan air yang tidak menjadi uap akan disirkulasikan kembali kedalam pipa-pipa pemanas bersama-sama dengan air pengisi yang baru. Proses ini berlangsung terus menerus selama unit beroperasi.
Berdasarkan prinsip kerja dan fungsinya , Heat Recovery Steam Generator dan Boiler adalah sama, yaitu suatu peralatan yang digunakan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan panas. Perbedaanya hanya terletak pada adalah sumber panas yang digunakan untuk membangkitkan uap.
Jika pada Heat Recovery Steam Generator sumber panas utama yang digunakan untuk membangkitkan uap berasal dari energi panas yang terkandung didalam gas buang  yang dialirkan masuk kedalam Heat Recovery Steam Generator. Sedangkan pada BOILER, sumber panas yang digunakan untuk membangkitkan uap berasal dari pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar, bisa berupa bahan bakar padat, cair atau gas.




No comments:

Post a Comment