Thursday, March 26, 2015

PROSES AIR MENDIDIH (Boiling Water Proses)

PROSES AIR MENDIDIH (K2512044)
(Boiling Water Proses)
Oleh    : Ichsan Rusdianto
NIM    : K2512044
           
            Prinsip yang mendasari air mendidih adalah prisnsip perpindahan panas secara konveksi yaitu perpindahan panas dengan melalui zat perantara, saat kita memasak air, yang terlebih dahulu panas adalah bagian bawah air kemudian perlahan air ayng berada di bagian bawah yang mulai panas naik keatas karena massa jenis dari air itu berubah, kemudian air yang berada dibagian atas turun kebawah karena tekanan dari air bagian bawah yang bergerak keatas, begitu proses tersebut berlanjut terus menerus sampai air yang dimasak tadi memiliki suhu yang sama. Titik didih air sendiri jika berada di kehidupan kita sehari hari yaitu di bumi yang berada pada tekanan udara sebesar 1 atm adalah 1000 C. Tetntunya jika tidak ditambahkan zat-zat yang lainnya. Karena jika ditambahkan zat lain maka titik didihnya akan berubah, semisal ditambah garam, maka titik didih air akan melebihi 1000 C.
            Ketika air yang dimasak sudah mendidih, semua bagian dalam air tersebut memiliki energi untuk menguap. Hal ini bisa dibuktikan ketika kita memasak air akan muncul gelembung gelembung dalam jumlah yang banyak. Gelembung gelembung tersebut adalah uap air yang naik ke permukaan air. Gelembung tersebut memiliki tekanan di dalam air. Besar tekanan ini berbanding lurus dengan suhu air. Saat bersamaan, keseluruhan air tersebut mengalami tekanan oleh udara luar dengan tekanan tertentu. Apabila tekanan dari gelembung uap air lebih kecil dari tekanan udara luar, maka gelembung akan kembali kempes. Sebaliknya jika tekanan gelembung lebih kuat daripada tekanan udara luar maka gelembung akan terbentuk.

Tabel hubungan perubahan spesifik volume fasa air pada tekanan 1 atm

Grafik diatas menunjukan hubungan antara antara tekanan dan spesifik voulume air ketika dipanaskan dan mengalami tekanan sebesar 1 atm. Jika tekanan tersebut dinaikkan makan grafik tersebut akan tergeser keatas. Hal ini disebabkan suhu dan tekaanan merupakan properti yang saling mengikat pada proses perubahan fasa. Semakin tinggi tekanan maka suhu didih juga akan menjadi naik.
PROSES AIR MENDIDIH
Proses air mendidih dimulai ketika air kita panaskan, air akan mengambil energi panas dari pemanas cirinya adalah adanya gerakan molekul molekul air. Semakin panas air maka gerakan-gerakan dari molekul molekul tersebut akan semakin cepat dan menyebabkan ikatan-ikatan molekul dari air bebas. Molekul yang bebas ini yang menjadi uap. Dan jika air sudah mencapai titik didihnya makan akan terbentuk gelembung-gelembung seperti penjelasan diatas.


Gambar proses pemanasan air dan air mendidih





No comments:

Post a Comment