Thursday, March 26, 2015

Fire-Tube Dan Water-Tube Boiler

Fajar Rizki Pratama
K2513020




Firetube And Watertube Boiler
Apa itu boiler?
Boiler merupakan bejana atau wadah tertutup dimana di situ terdapat cairan (biasanya air) yang dialiri panas pembakaran sampai air tersebut berbentuk air panas ataupun steam. Steam yang bertekanan tersebut kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses.
Apa saja komponen-komponen boiler?
Boiler mempunyai paling tidak terdapat komponen berikut :
1.      Furnace
Ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar. Bagian-bagian furnace diantaranya : ruang pengapian, burner, exhaust for flue gas, refactory, charge and discharge door.
2.      Steam Drum
Steam drum adalah tempat penampungan air panas dan pembangkitan steam. Hasilnya merupakan steam yang masih bersifat jenuh.
3.      Superheater
Komponen ini berfungsi mengerigkan steam yang masih jenuh ke bentuk steam yang siap untuk menghasilkan turbin.
4.      Air Heater
Air heater adalah ruangan pemanas yang digunakan untuk memanaskan udara luar yang diserap untuk meminimalisasi kelembaban udara yg akan masukk ke tungku pembakaran.
5.      Economizer
Komponen ini digunakan untuk memanaskan air dari air yang sudah terkondensasi dari sebelumnya maupun dari sistem yg baru.
6.      Safety Valve
Ini merupakan saluran buang steam jika tekanan steam melebihi kemampuan tekanan boiler.
7.      Blowdown Valve
Blowdown valve merupakan saluran yang berfungsi membuang endapan yang ada di dalam pipa steam.

Apa itu Fire-Tube dan Water-Tube Boiler?
Fire-Tube dan Water-Tube Boiler merupakan salah satu jenis ata macam boiler berdasarkan tipe pipa.
1.      Fire-Tube Boiler
Boiler jenis ini, proses pengapian terjadi di dalam pipa kemudian panas dialirkan ke dalam boiler yang berisi air untuk membuat steam. Besarnya boiler mempengaruhi kapasitas dan tekanan yang dihasilkan boiler tersebut. Fire-Tube boiler biasanya digunakan untuk kapasitas dan tekanan yang relative randah. Bahan bakar yang digunakan pada Fire-tube Boiler dapat berupa minyak bakar, gas, atau bahan bakar padat.
2.      Water-Tube Boiler
Water-Tube Boiler merupakan boiler dengan proses pengapian yang terjadi di luar pipa yang kemudian panas tersebut memanaskan pipa yang berisi air yang sebelumnya sudah dikondisikan melalui economizer. Steam yang dihasilkan kemudian dikumpulkan pada wadah yang disebut steamdrum. Ketika temperatur dan tekanan sudah sesuai, steam baru bisa dialirkan ke turbin.
Apa kerugian dan keuntungan Fire-tube dan Water-tube Boiler?
            Pada Fire-tube boiler, terdapat beberapa keuntungan yaitu, proses pemasangan mudah dan tidak membutuhkan settingan yang khusus, bentuknya lebih compact dan portable, tidak membutuhkan area yang besar untuk 1HP Boiler. Sedangkan kekurangannya adalah hanya dapat digunakan tekanan operasional rendah yaitu sekitar 18bar, kapasitasnya relatif kecil, tempat pembakarannya sulit dijangkau untuk dibersihkan, diperbaiki dan dicheck kondisinya. Fire-Tube Boiler juga mempunyai nilai effisiensi yang rendah.
            Pada Water-Tube Boiler, terdapat kekurangan yaitu, proses konstruksi yang rumit dan mendetail, sulit untuk menjaga penanganan air yang masuk ke dalam boiler, membutuhkan area yang luas karena mampu menghasilakn kapasitas yang besar. Sedangkan pada water-tube boiler terdapat beberapa keuntungan yaitu, tungku mudah dijangkau untuk pemeriksaan pembersihan dan perbaikan, Nilai efisiensinya tinggi, tekanan operasionalnyatinggi, dan kapasitas steam besar.



No comments:

Post a Comment