Thursday, March 26, 2015

Properties Water and Steam K2513023



Febriana R.
K2513023
Sifat – sifat air dan uap
A.    Air
Air merupakan sumber daya alam yang kaya di dunia, memiliki luas total lebih dari 70% dari luas total bumi. Menurut Al-Qur’an dalam surah Al Anbiya’ ayat 30 dijelaskan bahwa“…Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup” maka dapat ditarik kesimpulan bahwa air adalah sumber kehidupan di dunia. Dan air sendiri memiliki jenis yang beragam, dimana diantaranya yaitu air asin yang menyumbangkan presentase paling banyak yaitu 98% yang berasal dari samudera dan laut; dan sisanya yaitu 2% disumbangkan oleh air tawar yang sering kita manfaatkan dan berasal di atas permukaan tanah dan bawah tanah. Air tawar yang kita manfaatkan pun beragam sumbernya, yaitu 87% berbentuk es yang mayoritas terdapat pada kutub utara dan kutub selatan, 12% berasal di dalam tanah serta 1% berada diatas permukaan tanah ( sungai, danau, rawa, dsb). Dalam artikel ini tidak dijelaskan secara rinci mengenai sumber-sumber air yang ada di bumi, namun lebih pada pembahaan mengenai sifat-sifat air yang sering kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.Berikut adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh air
1.      Pada suhu kehidupan 0 ˚ – 100 ˚ C atau 32 ˚ F, air memiliki wujud cair dengan ketentuan 0 ˚ C adalah titik beku air dan 100 ˚ C adalah titik didih air.
2.      Perubahan suhu air yang lambat menyebabkan air memiliki sifat sebagai penyimpan panas yang baik. Sifat ini yang dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk menjadikannya sebagai pendingin mesin.
3.      Air memerlukan kalor yang tinggi untuk proses penguapan atau merubah air menjadi up.
4.      Air memiliki sifat melarutkan yang baik.
5.      Air mempunyai tegangan permukaan yang tinggi.
6.      Air merupakan satu-satunya senyawa di dunia yang dapat merenggang ketika membeku.
Oleh karena banyaknya jumlah air yang ada di dunia ini maka air juga dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber tenaga pembangkit listrik
B.     Uap
Uap adalah gas yang dihasilkan akibat dari pemanasan air melebihi titik didih. Dan menurut proses kimia yang terjadi adalah terpisahnya ikatan molekul air yang terdiri dari hidrogen dan oksigen. Uap air memiliki kekuatan yang besar, maka dari itu uap air senantiasa dimanfaatkan oleh para ahli untuk menghasilkan energi listrik dengan memutar sudu-sudu khusus dalam turbin yang terhubung dengan generator listrik. Uap air juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti untuk menggerakkan transportasi pada jaman dahulu yaitu kereta uap atau mesin uap. Uap air yang tersedia di alam dapat kita jumpai pada awan atau kabut. Uap air yang terjadi ini lebih oleh akibat aktivitas alam seperti pemanasan oleh cahaya matahari dan akibat dari panas dari dalam bumi. Berikut adalah beberapa karakteristik air yang dimanfaatkan dalam kehidupan :
1.      Dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan dapat memungkinkan untuk terjadinya perpindahan panas.
2.      Pada suhu dan tekanan tertentu dapat memberikan pengaruh pada kinerja atau siklus.
3.      Apabila terdapat kandungan gas dan air akan dapat mempengaruhi perpindahan panas yang terjadi.
4.      Dapat mempengaruhi sifat dari material yang memanfaatkan kinerjanya ( dalam hal ini adalah sifat korosi pada logam ).
Oleh karena memiliki daya yang besar maka uap ini sering dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber tenaga pembangkit listrik.




No comments:

Post a Comment