Friday, March 27, 2015

Jenis-jenis boiler


Jenis-jenis boiler akan di bahasa dalam artikel ini. Boiler adalah suatu perangkat berbentuk becana tertutup yang digunakan untuk memanaskan air sehingga menghasilkan steam (uap), panas dari hasil pembakaran bahan bakar dalam boiler akan ditransferkan ke media air yang mengalir di dalam pipa-pipa, saat suhu air telah mencapai temperatur tertentu maka akan terjadi penguapan.

Jenis-jenis boiler dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni antara lain :
 
  1. Fire Tube Boiler : yaitu jenis boiler ini memiliki dua bagian didalamnya yaitu bagian tube yang merupakan tempat terjadinya pembakaran dan bagin barrel/tong yang berisi fluida.Prinsip Kerjanya : Proses pengapian terjadi didalam pipa dan panas yang dihasilkan diantarkan langsung kedalam boiler yang berisi air.
  2. Water Tube Boiler : jenis boiler ini memiliki kontruksi yang hampir sama dengan jenis pipa api, jenis boiler ini juga terdiri dari pipa dan barel, yang membedakan hanya sisi pipa yang diisi oleh air sedangkan sisi barrel merupakan tempat terjadinya pembakaran. Prinsip Kerja jenis boiler ini : Proses pengapian terjadi pada sisi luar pipa, sehingga panas akan terserap oleh air yang mengalir di dalam pipa.
  3. Solid Fuel Boiler : jenis boiler ini menggunakan bahan bakar padat seperti kayu, batu bara, dengan karakteristik seperti harga bahan bakar relatif lebih murah dan lebih efesien. Prinsip Kerja jenis boiler ini : Pemanasan bersumber dari pembakaran bahan bakar padat atau bisa juga campuran dari beberapa bahan bakar padat (batu bara dan kayu) yang dibantu dengan oksigen.
  4. Oil Fuel Boiler :  jenis boiler ini memiliki bahan bakar dari fraksi minyak bumi, dengan karakteristik yaitu memiliki bahan baku pembakaran yang lebih mahal, tetapi memiliki nilai efesiensi yang lebih baik jika dibandingkan denan yang lainnya. Prinsip Kerja jenis boiler ini: Pemanasan yang bersumber dari hasil pembakaran antara campuran bahan bakar cair (kerosen, solar, residu) dengn oksigen dan sumber panas.
  5. Gaseous Fuel Boiler : jenis boiler ini memiliiki jenis bahan bakar gas dengan karakteristik bahan baku yang lebih murah dan nilai efesiensi lebih baik jika dibandingkan dengan jenis tipe bahan bakar lain.Prinsip Kerja: Pembakaran yang terjadi akibat campuran dari bahan bakar gas (LNG) dengan oksigen serta sumber panas.
  6. Electric Boiler : jenis boiler ini memiliki sumber panas alat ini berasal dari listrik, dengan karakteristik bahan bakar yang lebih murah akan tetapi memiliki tingkat efesiensi yang rendah. Prinsip Kerja jenis boiler ini: Pemanas bersumber dari listrik yang menyuplai panas.

Oleh : Nirwanda Nur Fajar (K2513047)



No comments:

Post a Comment