Thursday, March 26, 2015

T-Q Diagram (K2512049)



Nama                           : Madyo Ide Saksomo
Mata Kuliah                : Sistem Pembangkit Uap
Dosen Pembimbing     : Dr.Eng. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng

           
           T-Q diagram adalah diagram panas yang digunakan dalam perhitungan analisis termodinamika dan sintesis sistem proses. Dalam penggunaannya T-Q diagram membutuhkan data-data untuk melakukan perhitungan sehingga mendapat hasil yang tepat dan benar dengan perencanaan yang di tentukan.
Diagram T-Q merupakan alat yang digunakan  untuk merancang penukaran panas. Diagram T-Q terdiri dari 2 sumbu yaitu sumbu Y sebagai suhu aliran arus dan sumbu X sebagai jumlah panas yang ditransfer. Sebagai contoh berikut ini adalah representasi visual perhitungan dari T-Q Diagram:



-Fase aliran tunggal dengan Cp kostan dan tidak ada tekanan.
q=m.Cp.ΔT
-Komponen murni mengalami perubahan fasa:
q=ṁ.Λ

Perpindahan Panas: T-Q Diagram

T-Q diagram mengungapkan dua kebenaran penting tentang transfer panas:
1.      T-Baris untuk arus balik saat ini tidak melewati.
2.  T-garis tidak saling mendekati terlalu dekat(ketika mereka mendekati, area yang dibutuhkan untuk perpindahan panas pergi. Titik pendekatan terdekat disebut titik pinch)

Keterangan:
(a). Sebuah aliran fase tunggal dipanaskan dari 100oC sampai 200oC dengan kondensasi uap jenuh ke cairan jenuh pada 250oC dalam berlawanan penukaran panas.
(b). Sebuah aliran tunggal dipanaskan dari 120oC dampai 220oC dengan kondensasi uap jenuh pada 250oC dan dengan cairan pendinginan ke 225oC dalam berlawanan penukaran panas.

Dari penjelasan diatas, adalah penerapan dari T-Q diagram. T-Q diagram juga dapat diterapkan dalam perencanaan  boiler seperti gambar dibawah ini:

          Dari gambar tersebut merupakan contoh T-Q diagram yang mewakili permukaan panas dalam boiler.




No comments:

Post a Comment