Thursday, March 26, 2015

Heat Recovery Steam Generator (K2513028)



IHSAN FIRDAUS


Heat Recovery Steam Generator

Heat Recovery Steam Generator (HRSG) adalah ketel uap atau boiler yang memanfaatkan energi panas sisa gas buang dari turbin gas untuk memanaskan air dan mengubahnya menjadi uap, dan kemudian uap tersebut dipergunakan untuk menggerakkan turbin uap. Proses perpindahan atau penyerapan yang terjadi adalah proses konveksi dan konduksi dari gas buang turbin gas ke dalam air melalui elemen-elemen pemanas di dalam ruang boiler HRSG.

Boiler HRSG sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil guna bahan bakar yang dipakai pada unit turbin gas, yang selanjutnya akan menggerakkan unit turbin uap. Sistem pembangkit listrik yang memanfatkan proses ini disebut Pusat Listrik tenaga Gas dan Uap (PLTGU) atau unit pembangkit siklus kombinasi CCPP (Combined Cycle Power Plant). Boiler HRSG adalah bagian penting PLTGU.


Bagian Utama Heat Recovery Steam Generator

1. Superheater
Superheater merupakan alat yang berfungsi untuk menaikan temperatur uap jenuh sampai menjadi uap panas lanjut. Superheater ditempatkan pada daerah aliran gas asap yang bertempratur tinggi.

2. Evaporator
Evaporator merupakan elemen HRSG yang berfungsi untuk mengubah air hingga menjadi uap jenuh, pipa-pipa evaporator pada ketel uap biasanya terletak pada lantai dan juga pada dinding. Pada pipa ini sebagian uap jenuh masih berbentuk fase cair. Evaporator akan memanaskan uap air yang turun dari drum uap yang masih dalam fase cair agar berbentuk uap jenuh sehingga bisa diteruskan menuju Superheater. Uap bercampur air mengalir pada pipa-pipa evaporator menuju drum uap. Pada drum uap terjadi pemisahan antara uap dengan air, yang disebabkan perbedaan massa jenis.


3.  Ekonomiser
Ekonomiser terdiri dari pipa-pipa air yang ditempatkan pada lintasan gas asap setelah pipa evaporator. Pipa-pipa ekonomiser dibuat dari bahan baja atau besi tuang yang sanggup untuk
menahan panas dan tekanan tinggi. Ekonomiser berfungsi untuk memanaskan air pengisi sebelum memasuki steam drum dan evaporator sehingga proses penguapan lebih ringan dengan memanfaatkan gas buang dari HRSG yang masih tinggi sehingga memperbesar efisiensi HRSG
karena dapat memperkecil kerugian panas pada HRSG tersebut. Air yang masuk pada evaporator sudah pada temperatur tinggi sehingga pipa-pipa evaporator tidak mudah rusak karena perbedaan temperatur tidak terlalu tinggi.

4.  Preheater
Preheater merupakan pemanas awal air yang dipompakan dari kondensor sebelum masuk tangki air umpan. Pada HRSG, preheater bertujuan menaikan suhu sebelum masuk tangki air umpan yang nantinya akan diteruskan ke ekonomiser. Umumnya preheater  ini menempati posisi lintasan gas asap sebelum meninggalkan ketel.




No comments:

Post a Comment