Thursday, May 28, 2015

RESUME FEEDWATER DAN KOMPONEN SISTEM UAP K2513070



K2513070
FEEDWATER DAN KOMPONEN SISTEM UAP
Komponen dari sistem uap

Steam drum merupakan salah satu komponen utama dari sistem pembangkit uap yang memiliki banyak fungsi. Sedangkan untuk prinsip kerja dari steam drum yaitu feedwater (air umpan) dari ekonomizer lalu masuk ke steam drum dialirkan melalui nozel ke arah downcoming yag mana akan menjadi vapour/ campuran udara dan air. Dalam proses ini air dan uap dipisahkan, air menuju ke downcoming dan uap keluar menuju superheater.
Di dalam proses pemisahan air dan uap didasarkan pada massa jenisnya. Pemisahan ini terjadi pada komponen droplet separator, yang didasarkan pada kekuatan sentrifugal. Pemisahan ini terjadi melalui tahapan primer, sekunder dan pengeringan. Dalam konstruksinya mesin pengering dilengkapi dengan bahn wire mesh yang memiliki kemampuan menyaring bagus. Proses penyaringannya dengan pemisah utama siklon, dengan adanya putaran maka air dan uap akan terpisah karena masa jenisnya.
Kemurnian uap dan kualitasnya
Uap yang dihasilkan harus terhidar dari zat-zat berbahaya yang dapat merusak komponen steam, maka dari itu ada sifat penting uap yang baik yaitu kualitas uap, Kadar air: persen berat uap kering atau uap air dalam campuran dan isi padat, kemurnian Steam: bagian per juta dari padatan pengotor dalam uap. Kandungan air setelah evaporator (sebelum superheaters) harus << 0,01% berat (persen berat) untuk menghindari pengendapan pengotor pada permukaan ban dalam.
Blowdown continyu
Blowdown continyu untuk meniup akumulasi keluar dari drum dan ke dalam blowdown kontinyu tank pada proses ini feedwater ditambahkan untuk mengantikan uap yang keluar dari drum.
Penempatan steam drum
Boiler siklus alami
Dalam sirkulasi boiler alami steam drum harus ditempatkan setinggi mungkin dalam ruangan boiler karena perbedaan ketinggian antara tingkat air di drum uap dan titik di mana air mulai penguapan di tabung boiler.
Aspek lain dari desain steam drum
Penempatan ujung pipa feedwater di bawah level ketinggian air. Kualitas air dijaga dari bahan kimia.
Feedwater system
Feedwater bagian dari proses pembangkit listrik sebelum boiler, yaitu antara kondensor (setelah turbin) dan economizer.
Tangki feedwater
            Tangki feedwater digunakan untuk menyimpan cadangan air  feedwater. Kondensator (dari turbin) dan pemurnian penuh membuat air input normal tangki air umpan. Gas penghapusan berlangsung di deaerator sebelum kondensat dan air input mencapai feed tangki air. Deaerator menangani feedwater penghapusan gas dan makan kimia. Tekanan uap rendah digunakan untuk menghilangkan gas mengandung oksigen dari air umpan tersebut.
Pompa feedwater       
Pompa feedwater digunakan untuk memasok/memompa kebutuhan air umpan boiler. Penggunaan pompa disesauikan dengan besar kecilnya boiler. Dan untuk peletakan pompa dan tangki feedwater ini memerlukan perhitungan tersendiri sesaui dengan ketinggiannya.
Pemanas feedwater
Ada dua jenis pemanas feedwater dalam proses pembangkit listrik: tekanan tinggi (HP) dan rendah pemanas tekanan (LP) air umpan.
Kontrol suhu uap
Sistem kontrol suhu uap membantu mempertahankan efisiensi turbin yang tinggi, dan suhu bahan turbin di wajar level perubahan beban boiler. Ada beberapa metode kontrol suhu uap diantaranya air penyemprotan superheated steam, memotong Uap (superheater memotong), memotong gas buang, Gas buang re-sirkulasi,sistem penukar panas, penyesuaian sistem Firing.
Dolezahl attemperator
The Dolezahl attemperator (atau hanya attemperator atau de-superheater) adalah suhu uap sistem kontrol yang menggunakan kondensat sebagai air semprot.
Semprot kelompok air
Fungsi utama dari spray water grup adalah mengurangi suhu uap/ steam dengan menginjeksikan air kedalam aliran uap bila diperlukan.
Jenis alat penyemprot air
Alat penyemprot berdasarkan air bertekanan dan alat penyemprot berdasarkan uap.



No comments:

Post a Comment