Thursday, March 26, 2015

Jenis Boiler



Jenis Boiler terdiri dari bermacam-macam tipe yaitu :
1.      Berdasarkan tipe pipa :
A.     Fire Tube Boiler
            Jenis Boiler ini terdiri dari tangki air buang dilubangi dan dilalui pipa-pipa yang didalamnya mengalir gas panas, gas panas yang mengalir pada pipa inilah yang digunakan untuk memanaskan air di tangki.  

B.     Water Tube Boiler
            Jenis Boiler ini  air umpan boiler mengalir melalui pipa – pipa masuk ke dalam drum. Air yang tersikulasi dipanaskan oleh gas pembakar membentuk steam pada daerah uap dalam drum. Kebalikan dari Fire tube boiler dimana air yang justru dialirkan dalam pipa pipa yang dipanaskan oleh api.
 
2. Berdasarkan Cara Pembakaran :
A Stoker Fired Boilers
Jenis Boiler ini  diklasifikasikan menurut metode pengumpanan bahan bakar ke tungku dan oleh jenis grate nya. Klasifikasi utamanya adalah spreader stoker dan chain-gate atau traveling-gate stoker. Pada jenis ini bahan bakar diumpankan ke ruang bakar secara terus menerus mirip seperti penggunaan tungku pemasak yang menggunakan kayu.

B. Pulverized Fuel Boiler
Jenis Boiler ini yaitu satu sistem yang paling populer untuk pembakaran Bahan bakar berupa serbuk diumpankan dalam ruang pembakaran bersama dengan udara. Serbuk bahan bakar dan udara akan mengisi ruang pembakaran secara merata. Dan hasil pembakaranpun lebih sempurna karena molekul bahan bakar yang kecil kecil.
3. Berdasarkan konstruksinya :
A. Paket Boiler
Jenis Boiler ini  adalah satu kesatuan yang sudah lengkap dan tinggal memasang pipa steam, pipa air, suplai bahan bakar dan sambungan listrik untuk dapat beroperasi. Boiler jenis ini memiliki konstruksi yang kecil dan tidak memakan banyak tempat.

B.     Boiler Limbah Panas
           Jenis Boiler ini adalah suatu boiler yang pemanasanya memanfaatkan limbah panas contohnya adalah gas buang mesin diesel. Konstruksinya pun sederhana yaitu limbah panas dialirkan dalam sebuah ruangan yang didalamnya terdapat pipa – pipa yang dialiri air, sehingga akan terjadi pertukaran panas.

C.    Pemanas Fluida Termis
Fluida termis, yang bertindak sebagai pembawa panas, dipanaskan dalam pemanas dan disirkulasikan.  Disini fluida memindahkn panas untuk proses melalui penukar panas,  kemudian  fluidanya dikembalikan ke pemanas untuk melanjutkan ke 

Adhi Satria Laksana



No comments:

Post a Comment