Friday, March 13, 2015

SHORT REVIEW COAL POWER PLANT (SISTEM PEMBANGKIT ENERGI BERBAHAN BAKAR BATUBARA) (K2513061)



Disusun Oleh :

Nama : Rohmat Cahyono
NIM : K2513061


Pada sistem pembangkit energi ini menggunakan bahan bakar batubara. Batubara dari tambang sebelumnya dihaluskan menjadi serbuk kecil, kemudian dari coal conveyor menuju coal bunker (penyimpan batubara) kemudian ke pulvelizer dibakar di boiler (ruang bakar) untuk memanaskan air yang ada di dalam boiler hingga menghasilkan steam.
Steam tadi kemudian masuk ke turbin, memutar turbin dan turbin tersebut memutar generator yang akan menghasilkan listrik. Tetapi voltage dari listrik harus dinaikkan oleh trafo (trafo step up) dengan tujuan mengurangi energi yang terbuang ketika pengiriman listrik pada konsumen.
Steam dari turbin masuk ke kondenser yang kemudian didinginkan oleh air. Pada gambar tersebut air yang digunakan berasal dari danau. Di kondenser, terjadi perubahan fase dari steam ke air murni, kemudian air tersebut dialirkan lagi ke boiler. Di boiler terjadi perubahan fase lagi dari air murni ke steam.

Karena polusi hasil pembakaran batubara sangat besar dibanding dengan sistem pembangkit energi bahan bakar lain, maka digunakan stack. Gas buang yang berupa CO2, SO2, dan N2 dari melalui boiler melalui pengontrol emisi yang dapat mengurangi polusi dan kemudian baru keluar melalui stack.



No comments:

Post a Comment