Friday, March 20, 2015

RESUME SPU DENGAN BAHAN BAKAR BATUBARA (K2513017)



Nama : Didik Andi Setyo U
NIM : K2513017


Pada sistem pembangkit uap ini menggunakan batu bara sebagai sumber energi pokoknya. Aplikasi penggunaan dari sistem ini adalah pada PLTU dengan bahan bakar batu bara. Komponen utama pada sistem ini terdiri dari 5 komponen,yaitu :
  1. Tungku Pembakaran
Komponen ini berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar yang berupa batu bara yang telah digiling hingga berbentuk serbuk untuk memanaskan boiler.


  1. Boiler
Komponen ini berfungsi untuk menampung dan memasak air yang akan digunakan uapnya untuk memutarkan turbin
  1. Turbin
Komponen ini berfungsi sebagai alat pemutar generator dengan bantuan uap dari hasil pemanasan air pada boiler.
  1. Condensor
Komponen ini berfungsi sebagai pengubah sisa uap yang akan dikondensasi menjadi air yang kemudian akan dimasukkan lagi menuju boiler.
  1. Generator
Komponen ini berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik dengan bantuan putaran dari turbin.
Cara kerja sistem ini pada umumnya adalah sebagai berikut :
Bahan bakar yang berupa batu bara digiling hingga menjadi bentuk serbuk dan di salurkan menuju tungku pembakaran untuk memanaskan boiler. Setelah boiler dipanaskan,air yang ditampung di dalamnya mendidih dan menghasilkan uap basah. Uap basah tersebut kemudian disalurkan menuju Heater untuk dipanaskan lagi agar menjadi uap kering. Uap kering tersebut kemudian ditekan menuju ke turbin. Akibatnya turbin berputar yang disebabkan oleh tekanan dari uap tersebut. Sedangkan sisa uap kering yang digunakan untuk memutar turbin,disalurkan menuju condensor untuk diubah kembali menjadi air dan akan dikebalikan menuju boiler. Sedangkan turbin yang berputar tersebut terhubung dengan generator,sehingga generator ikut berputar dan mampu menghasilkan tenaga listrik. Tenaga listrik hasil dari generator tersebut kemudian disalurkan menuju instalasi-instalasi listrik yang telah dibuat.



Created by : Didik andi setyo u.



No comments:

Post a Comment