Thursday, March 26, 2015

K2513038

HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR


OLEH:
KHOLIS MUHAMMAD AJI
K2513038




HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR
HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR merupakan kepanjangan dari HRSG, adalah salah satu peralatan utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas-Uap yang berguna untuk memanfaatkan gas buang atau gas sampah dari turbin gas untuk menghasilkan uap air bertekanan. Pada Heat Recovery Steam Generator ini menggunakan prinsip combine cycle. Combine cycle yang berarti pada Heat Recovery Steam Generator ini menggunakan dua turbin, yaitu turbin gas sebagai turbin utama dan yang kedua yaitu turbin uap. Pembangkitan listrik menggunakan turbin gas tentu menghasilkan panas dalam jumlah yang besar, dan panas itu dapat dikatakan sebagai sampah atau gas buang dari turbin gas.
            Pada dasarnya prinsip dari Heat Recovery Steam Generator sama dengan Boiler ,yaitu suatu peralatan yang diguakan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan panas. Uap yang dihasilkan pada Heat Recovery Steam Generator memiliki tekanan yang rendah dari pada boiler, yaitu sekitar 80 bar sampai 100 bar. Perbedaan antara kedua tersebut adalah sumber panas yang digunakan untuk mengubah air menjadi uap. Pada Heat Recovery Steam Generator sumber panas yang digunakan yaitu berasal dari gas buang dari turbin gas yang dialirkan masuk ke ddalam HRSG untuk memanaskan pipa-pipa pemanas. Sedangkan pada Boiler sumber panas yang digunakan adalah berasal dari pembakaran bahan bakar yang dilakukan di dalam ruang bakar.
            Gas panas yang keluar sebagai suatu hasil dari proses pembakaran pada turbin gas (exhaust) temperaturnya sangat tinggi, yaitu sekitar 6000oC. Gas tersebut digunakan untuk membangkitkan uap. Efektifitas penggunaan energi pada sistem gas turbine heat recovery adalah fungsi dari energi yang ditransferkan oleh exhaust gas turbine.
            Secara umum Heat Recovery Steam Generator terdiri preheater, ekonomiser, evaporator, dan superheater. Preheater adalah penukar kalor yang digunakan untuk memperoleh energi panas tambahan dari gas buang. Preheater berada di bagian akhir atau bagian paling atas dari HRSG yang berguna untuk menyerap energi paling rendah pada gas buang. Ekonomiser adalah alat penukar kalor yang berguna untuk memanaskan awal air pengisi ketel sebelum masuk ke evaporator. Evaporator adalah alat penukar kalor yang menghasilkan uap jenuh dari air pengisi ketel. Evaporator terletak di antara ekonomiser dan superheater. Superheater adalah alat penukar kalor pada HRSG yang menghasilkan uap panas lanjut (superheated steam). Superheater terdiri dari satu atau lebih modul penukar kalor. Modul superheater yang banyak biasanya memiliki kontrol temperatur uap di antara modul-modulnya untuk mencegah terjadinya temperatur logam yang berlebih pada bagaian akhir dari modul dan untuk meminimalkan kemungkinan kandungan air yang masuk ke dalam turbin uap.



No comments:

Post a Comment