Thursday, March 26, 2015

HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR (K2513008)

AYU HASIN (K2513008)

HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR


Heat Recovery Steam Generator (HRSG) merupakan suatu komponen utama yang terdapat pada Pusat Listrik Tenaga Gas-Uap (PLTGU) yang berfungsi sebagai pemanas air dengan menggunakan energi panas sisa gas buang dari turbin gas yang mengubah air menjadi uap. Uap tersebut kemudian akan menggerakan turbin uap. Pada umumnya Heat Recovery Steam Generator (HRSG) tidak terdapat pembakar (burner) karena penerapan Heat Recovery Steam Generator (HRSG) pada PLTGU tujuannya adalah memanfaatkan panas sisa gas buang yang masih tinggi temperaturnya untuk menghasilkan uap yang akan memutar turbin uap.
Sebenarnya prinsip kerja Heat Recovery Steam Generator (HRSG) sama dengan boiler hanya saja sumber panasnya yang berbeda. Sumber panas yang digunakan pada Heat Recovery Steam Generator (HRSG) yang digunakan untuk mengubah air menjadi uap pada Heat Recovery Steam Generator (HRSG) berasal dari energi panas yang terkandung didalam gas buang PLTGU.  Sedangkan pada boiler (ketel), sumber panas untuk mengubah air menjadi uap berasal dari pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar boiler. Pada boiler pipa-pipa pemanas disusun menjadi dinding ruang bakar, sedangkan pada HRSG pipa-pipa pemanas disusun tegak lurus terhadap aliran gas buang.

Prinsip kerja Heat Recovery Steam Generator :
Gas buang turbin gas mengalir memanasi peralatan HRSG mulai dari preheater kemudian menuju  ke economizer, ke evaporator, ke superheater dan selanjutnya keluar melalui cerobong pembuangan.
Dalam turbin gas terdapat gas buang dengan temperatur yang cukup tinggi akan masuk ke dalam Heat Recovery Steam Generator (HRSG). Di sini HRSG digunakan sebagai pemanas air didalam pipa-pipa pemanas. Kemudian air yang berasal dari drum tersebut akan mengalir menuju preheater. Preheater merupakan pemanas awal air yang dipompakan dari kondensor sebelum masuk tangki air yang digunakan untuk menaikkan suhu. Kemudian air tersebut akan dialirkan menuju ekonomiser. Ekonomiser berfungsi untuk memanaskan air pengisi sebelum memasuki evaporator. Di Evaporator atau boiler bank merupakan alat penukar kalor yang menghasilkan uap jenuh (saturated) dari air pengisi ketel. Evaporator terletak di antara ekonomiser dan superheater. Kemudian uap jenuh yang ada di evaporator akan dialirkan menuju superheater. Fungsi dari superheater adalah untuk menaikkan temperatur uap jenuh sampai menjadi uap lanjut.
Uap tersebut kemudian akan digunakan untuk memutar turbin uap, sedangkan air nya dikembalikan kedalam drum untuk disirkulasikan lagi kedalam pipa-pipa pemanas bersama dengan air pengisi yang baru. Demikian proses ini akan terus berlangsung berulang-ulang.




No comments:

Post a Comment