Friday, March 27, 2015

boiling water process (k2513034)

IVAN ARIANTO


Proses air mendidih pada dasarnya berprinsip pada perpindahan panas secara konveksi yaitu perpindahan panas dengan melalui zat perantara. Air merupakan zatcair yang terdiri dari partikel-partikel penyusun air. Saat akan mendidihkan air, api memberikan energi kepada wadah air  dalam hal ini termasuk proses konduksi.

Kemudian panas yang diterima oleh wadah air tersebut  kemudian dialirkan pada air. Partikel air paling bawah yang pertama kali terkena panas kemudian lama kelamaan akan memiliki  massa jenis yang lebih kecil karena sebagian berubah menjadi uap air.

Sehingga saat massa jenisnya lebih kecil partikel tersebut akan berpindah posisi naik ke permukaan. Air yang masih diatas permukaan kemudian turun ke bawah menggantikan posisi partikel yang tadi. begitulah seterusnya hingga mendidih dan menguap seperti tampak pada gambar di bawah ini:
Air terdiri dari beberapa molekul yang saling terikat atau tarik menarik. Nah ketika air dipanaskan air akan mengambil energi panas tersebut dengan memperlihatkan gerakan molekul-molekul air. Ketika suhu air semakin panas maka gerakan molekul-molekulnya pun akan semakin cepat atau yang sering biasa kita temui dalam mendidihkan air, air yang panas akan mulai bergelembung dan tak terkesan tak tenang, halitulah yang akan menyebabkan terbebasnya atau terlepasnya ikatan molekul-molekul tersebut. Molekul yang terbebaskan akan berubah menjadi gas (menguap). Titik didih air berada pada 100 C tetapi kondisi ini jika air tidak mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang lainnya. Sebagai contoh ketika air mendidih dalam suhu 100 C kemudian Anda memasukan garam kedalam air tersebut maka titik didih air akan lebih tinggi dari 100 C. hal ini dikarenan garam memberikan ikatan kembali kepada molekul-molekul air sehingga dibutuhkan energi panas yang lebih untuk membebaskan air dari ikatan-ikatan tersebut.
Selain tercampur zat lain, air juga dapat mendidih tidak pada suhu 100C  yaitu jika Tekanan udara luar tidak = 1 atm. Kondisi 1 atm secara umum terdapat di permukaan laut. Semakin tinggi posisi dari permukaan laut, gravitasi berkurang maka kerapatan udara berkurang maka tekanan udara juga akan menurun.



No comments:

Post a Comment